Selasa, 14 Juni 2011

Minyak

minyak adalah senyawa trigliserida yang berarti "triester" dari gliserol. hasil hidrolisis minyak adalah asam karboksilat dan gliserol. asam karboksilat disebut juga asam lemak yang mempunyai rantai panjang dan tidak bercabang.
minyak dilihat dari asalnya terdapat 2 golongan  yaitu "minyak nabati" dan "minyak hewani". analisis yang digunakan untuk lemak dan minyak yaitu:
a. angka penyabunan
b. angka ester
c. angka iodin
d. angka Reichert Meissel
Bilangan penyabunan adalah jumlah miligram KOH/NaOH yg diperlukan untuk menitrasi 1 gram lemak atau minyak dengan reaksi sebagai berikut:


Hidrogenasi adalah istilah yang merujuk pada reaksi kimia yang menghasilkan adisi hidrogen (H2). Proses ini umumnya terdiri dari adisi sepasang atom hidrogen ke sebuah molekul.
Hidrogenasi dalam laboratorium
Hidrogenasi etena
Etena bereaksi dengan hidrogen pada suhu sekitar 150°C dengan adanya sebuah katalis nikel (Ni) yang halus. Reaksi ini menghasilkan etana.
Reaksi ini tidak begitu berarti sebab etena merupakan senyawa yang jauh lebih bermanfaat dibanding etana yang dihasilkan! Akan tetapi, sifat-sifat reaksi dari ikatan karbon-karbon rangkap pada etena juga berlaku pada reaksi ikatan karbon-karbon rangkap yang terdapat pada alkena-alkena yang jauh lebih kompleks.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar